Investasi bagi Mahasiswa

11 June 2015

Dunia kampus adalah media pembelajaran terpenting bagi mahasiswa, juga menjadi sumber dari beragam ide bisnis kreatif. Banyak pula ide waralaba lahir dari lingkungan kampus. Biasanya coba-coba berkreasi, eh malah menjadi sebuah usaha atau bisnis yang bisa dikembangkan.

Memang saat menjadi mahasiswa dinamikanya sangat luas, hubungan dengan lingkungan kampus, alumni, melahirkan banyak kesempatan untuk berkreasi. Kadang juga dorongan ekonomi membuat ide kreatif muncul untuk memulai bisnis. Tidak heran banyak yang sukses sebelum lulus kuliah.

Investasi utama bagi mahasiswa adalah diri mereka sendiri, yaitu dengan memperkaya diri akan ilmu, ketrampilan, hubungan personal dan membangun jaringan pertemanan yang bisa berbuah bisnis. Dari situ saja sudah bisa dicapai kesempatan yang banyak, bagi yang rajin tentunya akan memanfaatkan waktunya yang luang untuk mencari rejeki.

Mahasiswa memang harusnya kreatif, dinamis, ini yang akan melahirkan banyak kesempatan. Meskipun bisa saja menekuni beragam investasi di reksadana, trading, saham, namun peluangnya masih kalah dengan usaha kreatif yang bisa diwadahi dengan bisnis waralaba. Ada berjuta ide bila menghubungkan bisnis waralaba dengan mahasiswa.

Ada banyak peluang, dari waralaba kuliner sampai industri jasa yang bisa dimasuki. Ambil contoh saja waralaba kuliner yang bisa mengambil banyak ide dari kegiatan saat mengisi perut. Ada beragam jenis jajanan, panganan, ataupun menu nusantara yang bisa diolah menjadi santapan enak dan dijadikan sebuah waralaba.

Biasanya sejenis makanan yang aneh dan asyik bisa dengan cepat menarik kawula muda. Begitu banyak ide kreatif dari makanan ringan yang dibikin menarik. Memang untuk ide-ide kuliner ini akan butuh modal untuk mengembangkannya, namun ada banyak cara menyiasati permodalannya.

Di dunia mahasiswa begitu mudah menemui istilah patungan dalam segala hal. Dari ngekost yang patungan, pakai motor patungan, sampai peralatan pribadi juga patungan. Maka untuk permodalan bisa terkumpul dengan cepat pakai cara patungan ini.

Tidak heran sebuah waralaba yang tercipta akan memiliki beberapa co-founder. Ini karena kebiasaan patungan tadi. Siapapun yang turut serta saat lahirnya waralaba, tentunya akan menjadi co-founder. Jadi buat mahasiswa, ide-ide kreatif yang lahir di kampus ini bisa disalurkan ke investasi jenis waralaba, yang akan menjadi akar lahirnya bisnis atau perusahaan besar.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->