Memang bila bicara soal Rukan atau rumah kantor ini selalu dihubungkan dengan ruko. Padahal secara fungsi dan tempat jelas berbeda, rukan lebih menyasar sektor komersial yang lebih eksklusif. Pasar yang dibidik jelas berbeda, meskipun bisa saja sebuah ruko dibikin rukan, namun tetap tidak bisa mengalahkan rukan yang sebenarnya.
Sudah sejak lama sektor komersial berubah menjadi online, namun tidak menghilangkan kebutuhan sebuah tempat sebagai kantor. Idealnya perusahaan online yang besar memiliki kantor yang ekslusif, namun tidak perlu terlalu besar. Sebuah rukan bisa mewakilinya, bahkan bisa mengabungkan kehidupan keluarga dengan urusan bisnis.
Beberapa perusahaan startup memang lahir dari sebuah rumah, sebuah garasi, seiring usaha berkembang sebuah kantor menjadi kebutuhan. Namun tidak memisahkan urusan keluarga, banyak yang masih ingin dekat dengan keluarga disamping juga menekuni urusan bisnis mereka. Beberapa rukan yang ideal memang harusnya di tempat strategis, namun juga harus dekat kawasan pendidikan, kesehatan dan komersial lainnya.
Memang rukan bisa jadi lebih prestisius dibandingkan ruko, namun dalam hal fasilitas di sekitarnya memang harus lebih lengkap dibandingkan sebuah ruko. Sebenarnya ini bisa bergantung pada kebutuhan pemakai rukan ini. Bisa jadi sebuah perusahaan startup akan cukup ketat dalam mengatur anggarannya, sehingga ada biaya yang lebih murah bila harus menyewa atau membeli kantor di suatu tempat yang eksklusif.
Sebuah rukan bisa menjadi solusinya, memang untuk menyediakan rukan harus mengetahui segmen yang sedang dibidik. Ini tidak hanya untuk kalangan startup saja, beberapa perusahaan besar juga sedang melirik rukan ini. Biasanya anggaran yang ketat membuat efisiensi menjadi prioritas.
Beberapa bisnis franchise juga melirik rukan ini, memang akan banyak sekali minat akan rukan ini. Namun yang harus diperhatikan adalah segmen yang akan disasar dan fasilitas yang tersedia di lokasi rukan tersebut. Tidak jarang beberapa developer asal-asalan dalam membuat rukan tanpa melihat fasilitas yang tersedia di lokasi tersebut.
Meskipun bisa jadi lokasinya strategis, namun bila masih jauh dari fasilitas yang dibutuhkan akan membuat nilai rukan ini menjadi turun. Memang faktor lokasi saja tidak cukup, harus jeli melihat kebutuhan pemakai rukan tersebut. Meskipun sering cukup sulit membedakan kebutuhan sebuah keluarga, naun dari segmen harga sudah bisa disasar jenis keluarga yang sedang dibidik. Demikian pula dengan dengan jenis bisnis yang sedang disasar.
Namun yang pasti investasi rukan ini masih menjanjikan dan sangat menguntungkan. Kebutuhan akan sebuah kantor untuk sebuah usaha masih sangat tinggi, juga seiring dengan perubahan mindset orang dalam mengelola usahanya. Usaha juga berubah online sehingga bisa dikelola dari sudut ruang manapun. Namun kebutuhan akan tempat yang eksklusif masih tinggi, ini seiring dengan berkembangnya bisnis tersebut.