Tips Memenangkan Sebuah Ide

20 April 2014

Tidak banyak yang bisa dilakukan bila ide yang akan dibawa di sebuah meeting sudah tidak disukai oleh semua orang. Rasa permusuhan yang ada, hanya akan membuat ide ini ditolak mentah-mentah, bahkan sebelum ide ini diutarakan. Namun ada banyak hal yang bisa dilakukan agar ide bisa diterima dan menjadi solusi terbaik.

Ini terutama saat terjadi krisis di kantor atau perusahaan, dimana akan banyak kepentingan bermain. Seperti karyawan yang tidak mau dipotong gajinya, atau persoalan sensitif yang bisa memancing reaksi emosional. Disini penting untuk menyiapkan semua ide yang tidak pupuler ini dan merancang skenario yang akan terjadi.

Memang bila jaman dulu sebuah meeting di perusahaan adalah tempat bertemu untuk mencari solusi setiap persoalan, maka di saat ini meeting adalah pencipta efisiensi dan penggerak inovasi di perusahaan. Jadi apapun idenya, baik tidak popular atau tidak, tetap harus direncanakan sebelumnya.

Hilangkan ketegangan dan rasa permusuhan

Ini terutama bila persoalan yang dibicarakan menyangkut nasib karyawan, biasanya suasana meeting seperti sebuah medan perang. Penuh dengan suasana emosional dan cenderung sensitif. Seperti pemotongan gaji, menaikan jam kerja, adalah sekian hal yang sangat sensitif dan pasti dimusuhi.

Namun ini bisa diatasi bila ketegangan yang ada bisa diredakan, coba untuk tidak membicarakan masalah ini secara langsung. Buat persoalan yang ada menjadi bagian yang lebih besar dan lebih penting dari persoalan yang sesungguhnya. Maka disini penting untuk menjabarkan wawasan atas sebuah persoalan dan bukannya membicarakan persoalan yang ada.

Kadang sebuah tulisan di layar projector bisa membantu meredakan hal yang sensitif dan langsung to the point pada solusi yang menguntungkan semua pihak. Saat membicarakan ide yang tidak poluler, hendaknya jauhi untuk bersikap serius, tapi utarakan ini adalah hal yang penting. Ada perbedaan antara suatu hal yang penting dengan hal yang serius.

Jangan menjaga jarak

Berdiri di dekat projector mungkin adalah posisi yang tepat saat menjelaskan ide, namun bukan hal yang baik untuk membaur dengan peserta meeting. Usahakan untuk lebih fleksibel, bergerak ke semua sisi ruang, saat ide yang diutarakan sudah mencapai hal kritis dan menyangkut nasib orang yang duduk di tempat meeting. Memang ini membuat posisi menjadi setara, meskipun ide ini diungkapkan oleh seorang CEO ternama.

Jadi jangan menempatkan posisi seperti kambing yang akan disembelih, sebaiknya memang jauhi hal tersebut. Membaur adalah hal yang bisa memenangkan ide ini secara cepat, karena terasa berasal dari mereka dan untuk mereka juga. Memang tidak mudah bila ide ini tidak popular dan merugikan mereka.

Tersenyum dan tertawalah

Senyuman, canda dan tertawa bisa membuat suasana menjadi mencair, merubah situasi meeting yang tegang menjadi santai. Ini juga membuat hubungan yang jauh menjadi lebih dekat. Seseorang tidak akan bisa merangkul dari posisi yang jauh dengan dirinya sendiri.

Jadi disini penting sekali dalam menempatkan diri terhadap peserta meeting. Menjadi bagian dari mereka, akan membuat ide ini seperti dari mereka, berpihak pada mereka karena memang posisinya yang dekat dengan mereka. Bercanda adalah hal yang membuat suasana yang jauh ini menjadi lebih dekat.

Menerima kelemahan dari ide tersebut

Banyak penelitian yang melihat bahwa ketidakpastian akan lebih persuasif dalam memenangkan ide, bila dibandingkan dengan hal yang pasti dan percaya diri. Demikian pula dengan kondisi meeting, biasanya mereka akan meragukan ide yang disampaikan dengan rasa percaya diri. Justru dengan mengakui adanya kelemahan dalam ide ini akan membuat mereka kaget dan bisa meredakan rasa antipati atau ekses negatif.

Semua ide ini tetap harus direncanakan, jangan membuat hal yang heroik tanpa sebuah persiapan. Ini sama dengan bunuh diri dan menyerahkan ide ini hanya untuk disingkirkan dengan mudahnya. Jadi pertimbangkan reaksi dan aksi yang akan dilakukan pada ide tersebut sebelumnya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->