Boleh dibilang usaha warung kopi ini sudah umum dilakukan orang. Semua orang bisa mendirikan usaha warung kopi ini dengan seminim modal sekalipun, bahkan dengan fasilitas seadanya. Ini karena segmen yang dibidik akan menentukan besarnya modal yang diperlukan.
Bila segmen konsumen yang dijaring dari kalangan bawah, jelas tak begitu butuh banyak modal, bahkan dengan tempat jenis lesehan sudah bisa jalan. Persoalannya sebenarnya bukan pada jalannya usaha, sudah pasti akan jalan wong warung kopi pasti diserbu orang, hanya memang pertumbuhan usaha yang perlu dipikirkan. Apalagi dengan fasilitas seadanya, jangan harap bisa menarik lebih banyak orang.
Usaha warung kopi atau kerennya kafe ini sebenarnya memiliki banyak peluang usaha. Bisa dikembangkan menjadi beragam jenis usaha, ini tergantung juga pada segmen konsumennya. Ada yang menambahkan fasilitas WIFI, sehingga konsumennya bisa mengakses internet saat sedang ngopi.
Meskipun kadang fasilitas wifi ini bisa menjadi buah simalakama. Bikin yang ngopi nyaman dan berlama-lama tapi tidak menambah keuntungan secara bisnis. Maka tidak heran beberapa warung kopi atau kafe membatasi penggunaan wifi ini dengan menyertakan syarat member atau dengan fee yang menarik lainnya.
Selain fasilitas internet, warung kopi atau kafe ini bisa dijadikan landasan pengembangan bisnis kuliner. Misal dengan menambahkan menu menarik yang cukup klop dengan kopi. Jadi jenis panganannya harus sesuai dengan minuman kopi, bisa juga menunya lebih berat namun perhitungkan juga segmen yang datang.
Sebenarnya warung kopi atau kafe ini memiliki peluang usaha yang banyak, bisa ditambahi usaha ini itu. Namun yang jelas perhitungkan selalu imbas dari setiap penambahan usaha. Jangan sampai saat terlalu banyak usaha yang ditambahkan, eh konsumennya menjadi stastis.
Harus tetap mengedepankan keuntungan yang utama dan penambahan konsumen yang sesuai dengan usaha yang sedang ditambahkan di kafe tersebut. Pada akhirnya usaha warung kopi ini bisa dijadikan pinjakan bagi pengenalan usaha baru di luar usaha warung kopi ini. Namun yang jelas core bisnis warung kopi tetap harus diutamakan.