Kenapa Perusahaan Besar Bekerja-sama dengan Perguruan Tinggi?

18 June 2015

Ada banyak penemuan berharga lahir dari perguruan tinggi. Juga banyak pula perusahaan besar yang lahir dari kreatifitas mahasiswa perguruan tinggi. Maka sinergi antara perusahaan besar dan perguruan tinggi menjadi kerjasama yang saling menguntungkan.

Perusahaan besar tentunya tidak perlu membayar penuh tenaga ahli untuk mengembangkan sebuah produk. Cukup menyisihkan dana dan bekerja-sama dengan para ahli di perguruan tinggi. Ini menjadi lebih efektif, dengan hasil yang optimal.

Tidak itu saja, ada banyak stok tenaga kerja yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dengan kemampuan inovasi maupun kreatifitas yang tinggi. Tenaga inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan besar dalam memenuhi akan kebutuhan staff yang ahli di bidangnya.

Biasanya para rekrutmen dari perusahaan besar ini sudah “hunting” saat tenaga potensial ini masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Mereka sudah mengincar mahasiswa yang berprestasi, inovatif dan kreatif di perguruan tinggi tersebut. Sebuah kontrak akan langsung disodorkan saat mahasiswa ini lulus.

Kondisi ini jelas lebih menguntungkan daripada perusahaan besar ini mengirim tenaga kerja atau staffnya untuk belajar. Kondisi ini juga meningkatkan nama perguruan tinggi, sehingga akan menarik banyak minat para calon mahasiswa. Hingga ada istilah perguruan tinggi favorit, perguruan tinggi yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang banyak dicari oleh perusahaan besar.

Di Negara  maju, perusahaan besar rata-rata memiliki tenaga kerja fresh graduate dengan gaji yang cukup tinggi. Sinergi ini sebenarnya bisa ditiru oleh UKM ataupun industri waralaba dalam mendapatkan tenaga kerja maupun dalam meningkatkan mutu produknya. Pemilik waralaba bisa membangun jaringan pemasaran maupun promosi lewat perguruan tinggi.

Seperti diketahui juga bahwa waralaba ini rata-rata memiliki kekurangan dalam aspek tenaga kerja maupun manajemen kerja. Ini bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu waralaba mereka. Ada banyak cara belajar bagi pemilik waralaba, tanpa harus duduk di bangku perguruan tinggi.

Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada di perguruan tinggi. Waralaba atau franchise ini bisa besar dengan bekerja-sama dalam segala aspek. Mulai pengembangan produk, peningkatan manajemen waralaba serta inovasi-inovasi tanpa henti yang harus dimiliki oleh waralaba.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->