Kenapa Toko Online anda tidak Berkembang?

25 May 2015

Mungkin sudah ribuan kali mempromosikan toko online yang anda miliki. Sudah segala cara dilakukan untuk menarik minat pembeli dan pelanggan. Namun angka penjualan masih minim, dan pembeli sering tidak meneruskan transaksinya. Lalu kenapa toko online anda tidak berkembang atau tidak laku?

Penyebabnya bisa banyak sekali, namun bisa ditelisik satu persatu untuk mencarinya. Salah satu yang paling utama adalah kepercayaan pembeli pada toko anda. Sudahkah anda memiliki system transaksi yang aman?

Kebanyakan pembeli akan mengurungkan niatnya bila toko anda tidak aman buat bertransaksi. Pembeli tentu saja takut kalau uangnya hilang, sudah kirim uang mana jaminan barang akan dikirim. Disini memang butuh pihak ketiga atau rekening bersama, ini bila toko anda belum dikenal.

Kemudian tingkatkan keamanan web toko ke HTTPS, ini sangat penting sekali. Memang untuk sebuah toko tidak hanya modal “bonek”. Misal bikin web dengan domain gratisan, sudah pasti tidak akan ada yang beli. Meskipun banyak yang datang, paling-paling buat cek harga saja.

Ini biasanya terlihat di grafik angka kunjungan sudah ribuan, eh tak ada yang beli. Ini hal yang pertama yang harus diperbaiki. Memang untuk memiliki domain berbayar dengan HTTPS harus merogoh kocek cukup dalam. Biayanya bisa sampai diatas 100 ribu perbulannya.

Pembeli juga tidak mau data pribadinya tersebar atau dihack, hanya gara-gara webnya belum HTTPS. Ini adalah persoalan utama tentang privacy policy toko online yang sering diabaikan. Pihak toko harusnya bisa menjamin bahwa data pribadi pembeli tidak akan disebar-luaskan tanpa seijin pembeli.

Kemudian toko online anda tidak laku bisa jadi karena harganya mahal. Boleh saja di price tag-nya lebih murah dari beberapa toko online ternama. Namun berapa ongkos kirim yang harus ditanggung pembeli. Kebanyakan ini menjadi ongkos tersembunyi yang bikin pembeli pikir-pikir seribu kali, iya kalo barangnya kecil, bila bentuknya besar dan kiloannya berat, jelas akan membuat pembeli mundur dengan teratur.

Makanya di toko online yang ternama, ongkos kirim ditiadakan dan sudah dimasukan ke harga barang. Ini tentunya membuat pembeli jadi mudah hitung-hitungannya. Lagian di toko online ternama menyediakan system pembayaran yang fleksibel dan beragam, bahkan ada yang bisa kredit. Ini tentunya membuat toko online besar lebih baik pilihannya.

Namun jangan patah arang, banyak toko online kecil yang bisa sukses dengan mengadopsi toko lokal. Sebuah toko online yang hanya melayani dalam kota, sehingga bisa mengratiskan ongkos kirim, sekaligus lebih memberi pilihan daripada sebuah toko konvensional. Disini yang namanya harga akan sangat bermain, meskipun tetap hambatan system transaksi harus dibenahi.

Memang persaingan toko online ini sangatlah ketat, lebih banyak toko online kecil yang jadi penggembira saja. Kalah dengan toko online besar yang sudah mapan dan ternama. Padahal pasti ada celah atau sisi-sisi yang tidak dijangkau oleh toko online yang sudah ternama.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->