Peluang Investasi Batu Akik

26 April 2015

Bisnis batu akik boleh dibilang lagi naik daun. Dari yang asalnya dijual di emperan dengan kisaran harga di bawah 100 ribuan, sekarang sudah bernilai tinggi. Beberapa bahkan sudah tembus angka milyar.

Ini tentunya suatu bisnis yang menguntungkan ditekuni. Tidak heran banyak yang banting setir menggeluti bisnis batu akik ini. Juga peminatnya semakin banyak, jelasnya permintaan akan semakin tinggi, dan pastinya harga batu akik akan semakin menarik.

Memang semuanya terjadi begitu saja, sebuah trend yang dengan cepat menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Meskipun biasanya trend akan termakan oleh waktu, ini bisa saja terjadi. Namun untuk batu akik, mungkin akan butuh waktu lama sampai ada pesaingnya yang lebih menarik.

Trend batu akik ini begitu cepat berkembang hingga menggerakan semua jaringan pasarnya. Mulai dari hilir ke hulu, mulai dari tempat batu mulia ini berada, lewat tangan perajin dan sampai ke tangan pemakainya. Ada rangkaian jaringan yang besar yang terlibat dan persebaran rupiah yang cukup besar.

Bisa jadi siapapun tanpa pengalaman di batu akik bisa masuk ke bisnis ini. Baik yang menjadi pengumpul batu mulia, perajin, penjual dan pengoleksi batu akik. Semua rangkaian bisnis batu akik ini bisa mengambil untung cukup besar. Soalnya harga batu akik memang tidak pasti.

Seringkali keindahan batu akik bisa membuat nilainya semakin tinggi. Kadang tergantung sisi orang memandang, opini, sejarah yang menyertai batu akik tersebut. Mungkin bagi yang bukan penggemar batu akik akan menemui kesulitan dalam menilai sebuah batu akik, bahkan bisa jadi tidak tahu kalau sebuah batu akik yang dilihatnya bernilai milyaran rupiah.

Sama akan sebuah lukisan ternama dari van gogh, sebuah lukisan 11 bintang “starry night” ini tampak seperti sebuah lukisan yang bisa dibikin oleh anak kecil. Namun harganya pada tahun 1990 melebihi 1 trilyun, sekarang sudah menjadi milik museum dan tidak diperjual-belikan. Batu akik sudah masuk kategori seperti barang antik, nilainya akan sulit diperkirakan.

Bisa jadi seiring berjalannya waktu akan membuat batu akik ini akan semakin tidak bernilai. Ambil contoh sebuah batu akik yang bernilai milyaran rupiah bila masuk museum akan mengalami kenaikan harga yang tak terkira. Ini yang membuat bisnis batu akik semakin menguntungkan.

Masih banyak bagian-bagian dari jaringan bisnis batu akik yang terbuka untuk dimasuki. Mulai dari penyedia batu mulianya, perajin, pedagang, pemakai dan sekaligus kolektor. Semuanya ini memiliki peluang bisnis yang besar, semuanya bisa mengambil untung yang cukup besar.

Ini karena peminatnya masih sangat besar, trendnya masih tinggi dan dipakai berbagai kalangan. Apalagi mereka kalangan atas yang pakai, maka harganya sudah tidak biasa lagi. Kondisi ini akan berlanjut terus sampai trend ini berakhir atau ada trend lain yang menyainginya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->