Cara Paling Murah Mengirim Uang Ke Luar Negeri

21 April 2015

Ada beberapa pilihan dalam mengirim uang ke luar negeri. Dari yang biasanya lewat transfer bank atau jasa perbankan, sampai yang lebih fleksibel dengan menggunakan jasa pengiriman uang. Semua itu yang dicari pada murahnya biaya pengiriman, karena seperti diketahui pengiriman uang ke luar negeri lewat jasa perbankan cukup mahal harganya.

Meskipun boleh dibilang paling aman, jasa perbankan adalah yang paling mahal biaya pengirimannya. Bila dibandingkan dengan beberapa pilihan lewat western union, money gram, maka transfer bank paling mahal. Juga biasanya tidak langsung sampai, dibutuhkan beberapa hari kerja.

Namun jasa pengiriman uang seperti western union dan money gram menawarkan biaya yang murah dan kiriman uang bisa langsung sampai. Mereka sudah memiliki cabang dan afiliasi di banyak Negara. Jadi dapat juga diandalkan, namun tetap saja bukannya yang paling murah.

Untuk western union biasanya dikenakan biaya pengiriman sesuai dengan besarnya uang yang dikirim. Demikian pula dengan money gram, biaya pengirimannya juga sesuai dengan besarnya uang yang dikirim. Keduanya bila dibandingkan dengan cara transfer bank jelas lebih murah.

Namun ada lagi cara lain yang lebih murah, yaitu lewat paypal. Hanya memang si penerima harus memiliki akun paypal pula. Ini tentunya kurang fleksibel, bila dibandingkan dengan western union maupun money gram yang tidak mensyaratkan apapun hanya identitas diri.

Memang ada kelebihan dan kekurangannya, disini juga perlu diperhatikan adalah pihak yang menerima uang. Bila si penerima uang hanya memiliki akses ke perbankan, maka tidak ada pilihan selain mengirimnya lewat transfer bank. Dengan resiko biaya pengiriman yang lumayan mahal, karena ada biaya pengiriman dan biaya bank korespondensi. Ini berlakuk pula sebaliknya seperti menerima uang dari luar negeri lewat jalur perbankan.

Di luar itu masih ada beberapa pilihan dalam mengirim uang ke luar negeri, seperti menggunakan jasa netteller, webmoney, skrill, yang memiliki kemudahan dan ongkos pengiriman yang lebih murah. Namun tentu saja menyaratkan adanya akun pada jasa keuangan tersebut. Boleh dibilang ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari pengriman uang tersebut.

Saat ini orang juga mulai melirik mengirim uang keluar negeri lewat bitcoin. Ini karena tidak ada ongkos pengiriman alias gratis. Namun pengirim dan penerima harus memiliki wallet bitcoin. Meskipun bisa saja menggunakan beberapa jasa bitcoin exchange, tetap saja memiliki wallet sendiri bisa membuat biaya pengiriman menjadi gratis.

Memang bitcoin adalah mata uang di dunia maya, dan sudah bisa digunakan untuk banyak keperluan. Ambil contoh bitcoin buat membayar pulsa, mengisi deposit di jasa keuangan. Sehingga tidak memerlukan lagi uang secara riil, tentunya ini dilakukan dengan teknis yang aman.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->