Pengangguran? Ini Tips Mencari Kerja

07 May 2014

Nganggur alias tanpa kerja bisa jadi merupakan hal yang memusingkan, apalagi sudah punya tanggung jawab di keluarga. Persoalan keuangan yang bisa melilit dan hutang yang semakin menumpuk bisa menjadi tekanan stress yang kuat. Meskipun bisa juga dijadikan pendorong untuk mencari pekerjaan secepatnya.

Namun pengangguran tidak selamanya bikin galau, ada juga yang senang saat kena PHK. Hal ini karena bisa ada waktu lebih besar dengan keluarga, bisa cangkruk-an atau begadang sampai pagi sesukanya. Namun dengan berjalannya waktu, seminggu sampai dua minggu akan timbul persoalan dan menganggur bisa menjadi hal yang tidak menyenangkan.

Maka disini pentingnya mengatur waktu agar bisa dengan cepat mendapatkan pekerjaan. Persiapan resume atau CV dan surat lamaran harus sudah 100 persen menyakinkan. Ini agar bisa dilihat oleh perusahaan atau para pencari bakat, namun yang jelas saat menunggu panggilan kerja gunakan waktu sebaik-baiknya.

Kursus atau sekolah lagi

Ini sangat positif untuk dilakukan di tengah menunggu panggilan kerja. Setidaknya bisa mengisi sebaris tulisan di CV bahwa selama menganggur diisi dengan kegiatan yang bisa memperkaya atau menambah skill, sehingga nilai diri bisa bertambah. Namun jangan asal ambil kursus atau sekolah, misal bila sudah punya pengalaman sebagai kasir, jangan ambil kursus web desain. Meskipun bisa menambah skill tapi tidak fokus pada pengalaman yang dimiliki.

Jadi kalau bisa ambil kursus atau sekolah yang sesuai dengan pengalaman dan spesialisasi yang dimiliki. Bila sudah punya pengalaman sebagai kasir, maka kursus computer atau sekolah accounting bisa membantu lolos ke perkerjaan selanjutnya. Buat kursus menjadi penambah nilai diri yang special. Saat ini sudah terjadi spesialisasi di berbagai pekerjaan.

Manfaatkan jaringan atau hubungan pertemanan

Teman yang masih kerja bisa menjadi informan yang bagus akan adanya pekerjaan di suatu perusahaan. Namun yang jelas jangan asal comot dengan lowongan yang ada, sesuaikan dengan pengalaman dan kemampuan. Juga jelaskan pada teman atau relasi tentang kemampuan yang dimiliki.

Biasanya mereka tidak tahu akan kemampuan dan kualifikasi anda, maka harus diperjelas. Meskipun tidak harus memberi CV ke mereka, tapi garis besar akan pekerjaan yang diburu dan kemampuan yang dimiliki sudah diketahui oleh mereka. Jaringan pertemanan ini kadang sangat cepat dan membuat waktu nganggur bisa lewat dengan cepatnya.

Bekerja secara sukarela

Memang daripada nganggur lebih baik mengisi kegiatan dengan hal yang positif. Bisa saja membantu usaha teman atau mengikuti kegiatan di badan amal. Ini bisa sangat membantu dalam mengasah kemampuan diri, sekaligus bisa membuka wawasan diri. Juga dengan kegiatan ini maka terlihat kualifikasi anda adalah tidak suka nganggur dan sangat efektif dalam menggunakan waktu.

Biasanya di CV akan terlihat masa atau waktu dimana anda tidak bekerja, maka sebaiknya jangan biarkan masa itu kosong tanpa kegiatan. Para pencari bakat atau pihak HRD akan bisa menilai seberapa besar anda dengan waktu luang atau kosong selama menganggur. Maka disini kunci mengisi CV agar bisa laku mendapatkan pekerjaan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->