Ongkos Investasi yang Murah di Silicon Bali

24 April 2014

Mungkin sudah sangat terkenal tempat seperti Silicon Valley yang menjadi pusat investasi teknologi di dunia. Namun sekarang ada tempat baru yang sedang berkembang dan lagi booming bagi investor teknologi, yaitu Silicon Bali. Nama belakang Bali, yang berarti pulau Bali ini memang sedang menjadi serbuan para investor teknologi, startup bisnis yang sedang mengembangkan dan memperluas bisnisnya.

Biaya hidup yang murah dan lokasi yang damai menjadi alasan yang tepat bagi para investor di dunia teknologi ini. Beberapa nama besar memang sudah lama menggunakan tempat ini sebagai tempat kerja. Tempat yang damai dan sangat mendukung untuk suatu jam kerja yang panjang.

Juga hal yang menjadi pertimbangan setiap investasi adalah ongkos investasi. Ini selalu menjadi kalkulasi utama saat membuat rencana investasi bisnis, bila ongkos investasinya terlalu mahal, maka investasi bisa menjadi tidak menguntungkan. Ini bisa menjadi perbandingan dalam menggunakan kantor bisnis yang mahal atau yang murah.

Meskipun rata-rata para investor teknologi ini biasanya memiliki kantor yang mewah di jajaran pusat bisnis kota besar. Namun dengan berkembangnya teknologi pula yang membuat sebuah kantor bisa dilakukan dimanapun. Asalkan koneksi internetnya bagus dan cepat, maka tidak ada halangan untuk mejadikan tempat tersebut menjadi kantor maupun tempat kerja.

Tidak peduli tempat tersebut berada di ujung dunia yang belum pernah terjamah oleh manusia. Salah satunya adalah pulau Bali, tempat yang masih mengadobsi budaya nenek moyang ini memiliki lokasi yang sangat damai. Tempat ini bisa menjadi tempat yang nyaman untuk industri teknologi, terutama industri kreatif.

Disini memang ada banyak peluang dan kesempatan yang sangat menguntungkan dengan membuat tempat investasi di Bali. Bila biasanya yang datang adalah para turis, namun pada beberapa tahun belakangan, para investor teknologi ini mulai melirik tempat ini, jauh dari sebuah tempat wisata. Tidak salah memang bila menentukan Bali sebagai tempat kerja.

Mereka tidak perlu melalui jalanan yang mungkin sangat ramai, macet untuk mencapai tempat kerja. Cukup sebuah villa dengan lantai atas sebagai tempat kerja atau sebaliknya, tidak masalah menggabungkan tempat kerja dan tempat tinggal. Justru dengan jam kerja yang panjang, para investor teknologi ini sangat nyaman dengan kondisi yang ada.

Justru kreatifitas mereka menjadi meningkat dengan lokasi yang damai ini. Hamparan pemandangan yang indah, baik di tepian pantai maupun di pertengahan sawah adalah “jendela kantor” yang sangat menarik untuk dinikmati. Mata menjadi sangat hidup, pikiran menjadi segar kembali dengan semua pemandangan ini.

Apalagi diiringi saat matahari terbenam berwarna kekuningan nan indah jauh di ufuk barat tempat mereka bekerja. Tempat ini sudah “membunuh” dan “melelehkan” mereka dan membuatnya sulit untuk kembali ke tempat asal mereka. Silicon Bali memang sedang menjadi primadona.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->