Alasan Terbaik untuk Tidak Masuk Kerja

12 April 2014

Hari senin sering dikenal sebagai hari yang paling sulit untuk berangkat kerja. Bisa jadi karena liburan mingguan yang terlalu menyenangkan dan melelahkan, bisa pula karena malas saja ketemu dengan bos. Tidak jarang absen atau bolos kerja menjadi pilihan, dengan resiko bos bisa marah-marah bila tahu alasan absennya tidak benar.

Terlalu sering absen dengan alasan yang sama juga bisa menimbulkan kecurigaan dari bos. Apalagi bila si bos rajin mengecek setiap absen yang masuk di meja kerjanya. Maka disini harus ada beragam macam alasan yang bisa digunakan untuk mengelabui mata elang si bos.

Mengikuti seminar

Biasanya acara seminar dilakukan pada hari libur, meskipun sering pula diselenggarakan pada hari kerja. Ini bisa menjadi alasan yang tepat untuk izin tidak masuk kerja, meskipun sering harus diikuti laporan dari hasil seminar tersebut. Namun inipun dengan mudahnya bisa dibuat, tinggal cari di internet, dan bisa menjadi bahan buat laporan seminar.

Absen kerja dengan alasan seminar ini lebih disukai bos, daripada hal-hal lain yang tidak kompeten. Setidaknya bos juga akan suka dengan karyawan yang punya kemauan untuk meningkatkan kemampuan diri. Toh ini akan bermanfaat juga buat perusahaan atau tempat kerja.

Sakit mendadak

Ini adalah alasan mangkir kerja yang paling banyak dilakukan orang. Bisa berupa sakit diare, demam, flu berat, yang bisa terjadi dalam waktu 24 jam. Biasanya harus diikuti dengan surat keterangan dokter, inipun bisa dengan mudahnya didapatkan di dokter keluarga sore harinya.

Memang tidak mudah bila terlalu sering absen dengan sakit yang sama, bisa jadi bos melihatnya sebagai sebuah inkompetensi. Meskipun ini tidak bisa disalahkan selama ada bukti adanya surat keterangan dari dokter. Jadi harus jeli melihat jenis sakitnya dan seberapa berat sakit yang dijadikan alasan.

Sakit bulanan

Ini biasanya dialami oleh wanita, serangan kram perut atau dilep saat haid adalah hal biasa. Ini bisa menjadi alasan yang rutin setiap bulannya, apalagi si bos adalah laki-laki. Maka biasanya tidak terlalu memikirkan hal yang berhubungan dengan organ kewanitaan ini.

Namun ini tidak bisa dijadikan alasan setiap minggunya, karena semua tahu bahwa sakit bulanan ini biasanya rutin dan berjangka Cuma seminggu. Jadi jangan dijadikan alasan untuk minggu ini, bila sudah memberikan alasan yang sama di minggu kemarin.

Anggota keluarga meninggal

Ini bisa dijadikan alasan untuk bolos kerja, meskipun harus diperhitungkan dan tidak bisa menjadi alasan untuk berkali-kali. Bisa jadi akan kehabisan anggota keluarga yang meninggal dunia. Juga biasanya bos akan datang untuk menghadiri acara pemakaman yang dilakukan.

Jadi ini bukan alasan yang brilian, meskipun masih bisa dilakukan bila ini terjadi di tetangga dekat. Bisa pula teman yang meninggal, biasanya bos cukup bisa memaafkan atau memberi kesempatan untuk melayat. Maka ini masih bisa menjadi alasan yang tepat selama tidak terlalu sering dilakukan.

Sebenarnya tidak perlu berbohong untuk absen atau mangkir kerja, lebih baik bicara jujur dengan bos untuk ijin tidak masuk kerja. Dalam beberapa hal si bos juga menghargai persoalan pribadi yang menjadi alasan yang sedang dihadapi. Toh perusahaan juga tidak senang bila karyawannya bekerja dengan persoalan pribadi yang membebaninya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->