Harga Apartemen yang Semakin Naik

31 January 2014

Memang investasi di property satu ini sangat menguntungkan, harganya naik secara pasti. Bahkan dengan tingkat resiko banjir yang minimal harga apartemen bisa semakin terdongkrak. Hal ini cukup wajar mengingat harga tanah permeternya semakin mahal, membuat semua struktur property lebih vertical daripada biasanya yang horizontal.

Kenaikan harga apartemen ini terutama di kelas menengah mengalami perubahan yang tinggi, bila dibandingkan dengan apatemen sekelas rusunawa. Harga permeternya sudah menyentuh angka 20-an, suatu tingkatan harga yang biasanya dipegang level pemula atas. Pada akhirnya memang akan mempengaruhi jenis apartemen yang diburu oleh pembeli, dengan kelas studio menjadi lebih favorit.

Bila melihat ke kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, boleh dibilang laju kenaikannya mencapai level tertinggi. Seiring memang tidak ada lagi lahan kosong yang strategis, sehingga memicu harga tanah semakin mahal, imbasnya harga permeter sebuah apartemen semakin naik. Ini belum diperhitungkan ongkos lainnya, baik dari segi layanan dan fasilitas yang diberikan.

Biasanya bila semakin dekat tempat strategis, seperti taman kota, layanan umum, pusat komersial akan membuat harga permeternya bisa bikin geleng-geleng kepala. Meskipun ini diikuti dengan promo dari pihak pengembang. Harganya memang seperti harga lima tahun ke depan, seakan membeli sebuah masa depan, bukannya riil property yang ada.

Bila disertakan dengan pembiayaan pembelian apatemen jelas nominal yang didapat bisa cukup fantastis. Namun pada akhirnya harga saat sudah purna kredit, sudah berlipat dari harga awal saat membeli apartemen. Memang menguntungkan, tapi butuh kantong cukup tebal untuk memulai investasi apartemen ini, karena sudah terlihat seperti setengah overvalue.

Namun yang jelas bila berminat membeli apartemen untuk tempat tinggal maupun investasi, perhatikan dulu trak record pengembang. Meskipun saat ini sudah cukup transparan dan diawasi ketat oleh pemerintah, masih menyisahkan beberapa celah untuk mempermainkan harga, rencana fasilitas, layanan purna jual yang sering menjadikan debat kusir maupun komplain yang tidak berkesudahan. Lebih baik cek secara teliti, harga permeternya sejak dari awal, fasilitas yang diberikan, harga layanan fasilitas, harga pemeliharaan apartemen.

Bila memungkinkan memiliki perbandingan dengan apartemen setingkat yang sudah berjalan. Ini mudah dilakukan karena sudah banyak bangunan apartemen sejenis yang mengisi kawasan sekitarnya. Biasanya saat pusat komersial berkembang, jajaran apartemen akan mengisi di sekitarnya, ini bisa menjadi tolok ukur dari kualitas dan prospek property yang akan dimiliki di kemudian harinya.

Harga apartemen akan selalu naik, mengingat lokasi akan selalu berkembang dan menjadi pusat komersial. Meskipun letaknya di pinggiran, lokasinya bisa berubah dari lima sampai sepuluh tahun ke depan. Bila melihat kondisi ini memang tidak akan ada ruginya membeli dan memiliki apartemen, meskipun hanya sekelas studio, apalagi sampai tingkat 1BR/2BR/3BR. Jelas memiliki keuntungan tersendiri sebagai sebuah investasi.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->