Peluang Usaha Rental Mobil LCGC

14 November 2013

Murahnya harga mobil LCGC membuat beberapa orang ingin memilikinya dan sekaligus menggunakannya untuk berinvestasi. Keuntungan dengan menggunakan mobil baru akan memudahkan perawatan, irit bahan bakar dan konsumennya sangat puas dengan bau mobil baru. Memang modal awal untuk berinvestasi bisa puluhan juta, karena harus membayar DP dulu, baru sisanya bisa dicicil setiap bulannya.

Mobil baru LCGC memang banyak ragamnya, dan kisaran harganya cukup ekonomis, antara 75-100 juta. Bila membelinya secara kredit maka perlu DP sekitar 20-25 juta dengan cicilan di kisaran 1.5-2 jutaan. Tentunya bila digunakan untuk usaha akan terbuka lebar, misal untuk usaha rental atau antar jemput.

Tiamai bekerja di sebuah perusahaan swasta di kota besar, dia tinggal di pinggiran kota yang berjarak hampir 50 km. Biasanya saat bekerja ditempuhnya dengan sepeda motor sharing dengan temannya. Namun saat rilis mobil LCGC, Tiamai menjual sepeda motornya, laku sekitar 20 juta dan dijadikan tambahan DP untuk membeli mobil LCGC. Dengan gaji sekitar 3 jutaan, Tiamai memang bisa mendapatkan kredit untuk membeli mobil tersebut.

Tiamai mengambil jangka kredit lima tahun, sehingga beban cicilannya tidak terlalu berat dan sesuai dengan plafon gajinya. Memang saat pertama kali membayar cicilan, terbilang lumayan berat karena harus terpotong sekitar 40 persen dari gaji bulanannya. Namun seiring berjalannya waktu, Tiamai menggunakan mobilnya untuk mengangkut teman sekantornya. Ada tiga orang yang bergabung di mobilnya, sehingga mereka membayar 500 ribu ke Tiamai setiap bulannya, hasilnya terkumpul uang 1,5 juta dari usaha mengangkut teman sekantornya ini.

Tentunya dengan tambahan aliran kas ini, membuat cicilan kredit mobilnya semakin mudah. Boleh dibilang dia tidak membayar cicilan kredit dari gajinya melainkan dari usaha antar jemput ini. Cicilan kreditnya memang di kisaran 1,5 jutaan, dengan DP di kisaran 20-25 jutaan memang bisa didapatkan kredit yang lebih ringan.

Ada beberapa mobil LCGC dengan kisaran harga yang di level bawah antara 75-77 juta. Ini adalah untuk jenis mobil Ayla tipe D dan Karimun Wagon R tipe GA, masing-masing berharga 75 juta dan 77 juta. Dengan DP di kisaran 20-25 juta, maka bisa didapat cicilan kredit di kisaran 1.5-2 juta perbulannya selama lima tahun. Memang agar lolos untuk mendapatkan kredit mobil, penghasilan untuk cicilan mobil harus memenuhi 40 persen dari patokan cicilan perbulannya. Bila cicilan 1,5 juta maka kisaran penghasilan ada di 3-3,5 juta.

Meskipun kisaran ini bisa berubah bila bisa memberikan bukti tambahan adanya aliran kas atau aliran uang masuk perbulannya. Biasanya dengan rekening Koran untuk 3 bulan bisa dijadikan bukti adanya tambahan aliran kas yang bisa menjamin untuk cairnya kredit. Memang bila mobil digunakan untuk usaha, maka peluang untuk membayar cicilan akan semakin mudah.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->