Investasi Dollar saat Krisis

24 August 2013

Memang ada beragam macam investasi, namun saat krisis orang biasanya enggan berinvestasi. Mereka jelas kuatir bila investasinya akan bermasalah dan modal yang diinvestasikan akan hilang. Namun tidak untuk investasi di mata uang dollar, akan ada banyak peluang saat krisis terjadi.

Peluang investasi dollar sangat besar saat krisis, namun juga sangat cepat berlalu. Sebuah peluang bisa berada dalam jangka yang sangat singkat, juga bisa berada dalam jangka yang panjang. Kemampuan melihat peluang akan menjadi modal utama dalam investasi dollar ini. Mungkin saja butuh modal yang besar, namun bila tidak bisa melihat peluang akan sia-sia saja.

Investasi dollar memang bisa dilakukan siapapun, ada banyak bentuknya, alat maupun instrumennya juga banyak. Lembaga keuangan yang bermain juga sangat banyak, bahkan yang non perbankan jauh lebih banyak. Meskipun ada opini bahwa yang non lembaga adalah para spekulan, bisa iya bisa juga tidak.

Hal ini karena sebenarnya saat investasi dollar harus memiliki pengetahuan dan alat. Hal inilah yang tidak dimiliki oleh para spekulan. Mereka memang mudah terbawa oleh rumor, meskipun pasar keuangan memang sering digerakan oleh sentimen yang berkembang. Namun para penggeraknya adalah para pemain besar. Bisa saja ini terjadi sebagai mekanisme pasar, karena begitu mudahnya opini membentuk sentimen, yang akhirnya berbuah sebuah transaksi di pasar keuangan.

Memahami pasar keuangan dan faktor yang mempengaruhinya

Memang sebenarnya bila ingin masuk ke investasi dollar, harus belajar banyak. Seperti di beberapa lembaga forex, juga tersedia alat maupun instrumen untuk memonitor perkembangan pasar. Meskipun belum tentu juga dengan memiliki pengetahuan, alat maupun instrumen akan sukses berinvestasi di dollar.

Permasalahannya memang kompleks, salah satunya adalah nilai pasar keuangan lokal yang kecil. Hal ini sangat rentan terhadap gejolak, seperti krisis keuangan sangat mudah membuat segala perhitungan menjadi buyar. Maka bila banyak yang gulung tikar di investasi dollar, sudah menjadi hal yang lumrah. Sering investasi yang sudah dibangun bisa buyar dengan rumor yang berkembang untuk sesaat.

Peluang investasi dollar saat krisis sangat besar

Bila ingin berinvestasi dollar saat krisis sebenarnya peluangnya sangat besar. Pasar keuangan yang fluktuatif menghasilkan banyak peluang, namun inipun harus dibangun untuk jangka panjang dan bukan untuk sesaat. Memang sih peluangnya akan menurun saat nilai tukar mulai stabil. Namun tidak selamanya akan stabil, karena sebuah nilai tukar dipengaruhi oleh banyak faktor.

Nilai tukar akan selalu berubah mengikuti faktor-faktor yang mempengaruhinya. Apalagi bila fundamental ekonomi mata uang lokalnya sangat lemah, maka peluang investasinya akan selalu ada. Selama tekanan terhadap mata uang lokal masih besar, maka selamanya peluang di investasi dollar akan besar pula.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->