Bisnis Asuransi Mobil yang Menggeliat di Saat Banjir

22 January 2014

Kondisi banjir yang berlarut memang merugikan secara finansial, namun memberi peluang di sisi lainnya. Salah satunya adalah bisnis asuransi mobil yang menggeliat dan meningkat omsetnya. Ini memang mengikuti tren akan permintaan cover accident akibat terkena banjir.

Tidak hanya asuransi mobil yang bersinar, juga jasa servis mobil menjadi bergerak dinamis. Bisa jadi meningkatnya pengguna mobil dan momentum banjir memberi peluang menjadi lebih besar. Bahkan menunjukan perkembangan yang sangat menjanjikan.

Memang ada semacam setback di bisnis asuransi kala banyak berita negatif dalam klaim asuransi. Biasanya perbedaan persepsi aturan membuat diskrespansi mudah terjadi, bahkan sering berujung di peradilan. Memang apa yang diminta pemegang polis dan pihak asuransi memiliki perbedaan dalam beberapa hal.

Perbedaan ini memang menjadi core bisnis yang sebenarnya bisa saling menguntungkan. Salah satu pihak tentunya akan mendapatkan jaminan keamanan akan kerusakan akibat banjir, sedang di pihak lain akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan system penanganan banjir dan berkendara yang baik.

Memang asuransi mobil ini memiliki spektrum yang luas dalam memberi peluang bisnis. Ini mengacu pada pengembangan standar keselamatan berkendara dan pemeliharaan mobil saat terjadi banjir. Banyak yang diuntungkan dari berkembangnya bisnis asuransi mobil ini.

Mulai dari jasa servis mobil, penjualan spare part mobil, system transportasi yang aman di saat banjir, manajemen banjir, adalah sekian bidang yang tersentuh bisnis asuransi mobil. Tentunya ini akan semakin berkembang bila peminatnya semakin banyak dan kondisi banjir yang selalu menjadi ancaman setiap tahunnya. Memang ada korelasi yang sering bertolak-belakang dengan peristiwa yang terjadi.

Memang bencana akan selalu ada, tapi bisa dikembangkan agar tidak merugikan secara financial. Meskipun akan tetap merupakan kerugian secara ekonomi, namun dengan asuransi bisa diminimalisir. Ada banyak sector yang bisa direformasi menjadi lebih baik dalam berhadapan dengan banjir.

Mulai dari cara penanggulangan banjir, cara melihat peta banjir, pengembangan jalur alternative  yang bebas banjir, dan pembangunan infrastruktur yang lebih tahan banjir. Memang semuanya adalah kontribusi dari asuransi mobil, memang terlihat kecil, tapi memiliki pengaruh luas dalam perkembangan ekonomi. Bila dilihat lebih jauh akan semakin banyak yang bergantung di bisnis asuransi ini.

Meskipun sebenarnya masih bertautan dengan bisnis yang sedang berjalan, namun asuransi mobil ini memberi warna baru bagi pengembangan ekonomi lebih efisien. Banjir tidak harus menjadi kerugian, tapi bisa diubah secara perlahan menjadi tantangan yang positif bagi pengembangan kualitas ekonomi dan efisiensi infrastruktur jalan. Ada banyak yang diperbaiki dari pengembangan bisnis asuransi mobil.

Tentunya akan banyak pula yang bisa berinvestasi di sekeliling bisnis asuransi. Selama permintaan atau trennya tetap tinggi, peluangnya akan tetap menjanjikan dan ada semacam pengaruh positif dari penanganan banjir dan berkendara di saat banjir. Juga bisnis asuransi secara keseluruhan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->