Mining Bitcoin-Altcoin dari Laptop

29 August 2016

Sudah lama sebenarnya laptop bisa digunakan untuk mining bitcoin dan altcoin, hanya orang masih trauma dengan pengalaman beberapa yang mengalami kerusakan pada laptopnya. Ini bisa dimaklumi, mengingat banyak kasus overheating akibat mining bitcoin  ini yang membuat laptop menjadi mudah rusak. Padahal bila bisa mengatasi kendala overheating ini maka laptop bisa didayagunakan untuk mengais rejeki.

Kasus kerusakan laptop akibat mining bitcoin ini, rata-rata terjadi pada laptop 32 bit, jenis laptop model lama yang masih sangat lambat dan kurang mampu memproses puzzle blok sulit di bitcoin. Sedangkan saat ini sudah bertebaran laptop 64 bit yang lebih cepat prosesingnya, apalagi dengan cooling system yang bagus. Namun banyak pula yang punya laptop 64 bit tapi masih pakai OS yang 32 bit tentunya tidak optimal buat mining bitcoin.

Sebenarnya mining bitcoin ini sangat mudah, tak perlu menjadi computer gig atau ahli, banyak pula website yang menyediakan tutorial mining dari laptop. Juga banyak pula mining pool yang menyediakan user friendly cara mining dari cpu atau laptop. Lima-sepuluh menit laptop sudah bisa buat mining bitcoin atau altcoin.

Namun banyak pula yang masih bilang mining bitcoin saat ini sudah tidak worthy dengan ongkos listrik, biaya internet dan kemungkinan laptop cepat rusak. Well, ini bisa dimaklumi bila laptop masih model lama 32 bit, pakai OS lama 32 bit, komponen laptop terutama display cardnya ecek-ecek, maka kendalanya menjadi sangat besar. Belum lagi gak punya jalur akses internet yang memadai, bisa saja tidak worthy buat mining bitcoin.

Satu lagi jangan terbiasa mengikuti opini negative yang memupus semangat untuk berkarya. Internet sangat luas dan terbuka lebar dalam memperbaiki setiap kendala dalam berkarya. Internet itu bagai box of magic, kita tak tahu akan keajaiban yang akan diberikan selanjutnya.

Ikuti forum yang positif melahirkan karya dan solusi dalam melangkah untuk maju. Mining bitcoin ini banyak forumnya, dengan memberikan gambaran yang berbeda. Tentu ada saja yang mau berbagi kesuksesan, meski banyak pula yang menyimpan rahasia karena memang bisa kalah bersaing.

Padahal perkembangan teknologi akan terus berlanjut, bila tak mau berinovasi akan tergilas dengan laju jaman. Bila laptop sudah jadul, tidak harus terus dipakai atau dimuseumkan, bisa ditukar tambah dengan laptop yang speknya lebih baik. Apalagi laptop sekarang sudah sangat advance dengan pendingin yang sudah bagus dan harganya miring.

Bitcoin adalah masa depan, nilainya memang naik turun, namun dalam beberapa tahun ini mengalami fluktuasi yang sangat bagus. Masih terbuka profit dari mining bitcoin, apalagi setelah halving diperkirakan nilainya bisa lebih tinggi lagi. Dengan asumsi produksi menurun sedang demand semakin meningkat, maka diperkirakan nilai bitcoin akan positif kedepannya. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013-2015. Analisa Investasi - All Rights Reserved
-->